Mudahnya Membuat Visa Jepang (Multiple Entry)

Panduan dan Syarat Visa Jepang

6

Gencarnya tiket murah ke Jepang, belum lagi serbuan foto-foto instagram tentang hanami saat bunga sakura mekar, membuat banyak orang ingin mengunjungi Jepang. Tetapi perlu diingat bahwa pemegang paspor Indonesia perlu mengurus visa dulu sebelum datang ke Jepang.

[[ BONUS: Template Dokumen Pengajuan Multiple Entry Visa Jepang! Cek di Akhir Artikel ]]

Saat ini ada 2 jenis visa yang bisa digunakan untuk ke Jepang, yang dibedakan berdasarkan jenis paspor yang kita miliki.

1. Visa Waiver untuk e-paspor

Kabar baik bagi pemegang e-paspor, biaya pengajuan Visa Waiver ke Jepang gratis!

Kamu cukup melengkapi formulir yang ada di sini (http://www.vfsglobal.com/ japan/indonesia/pdf/Formula- Register-Visa-New.pdf) dan kemudian submit formulir tersebut beserta e-paspor asli ke Kedubes Jepang. Prosesnya cukup 2 hari kerja saja, jadi kalau kamu submit hari Senin, maka hari Selasa kamu sudah bisa ambil e-paspor yang sudah ditempeli Visa  Waiver.

Visa Waiver ini multiple entry (bisa digunakan untuk berulang kali mengunjungi Jepang) selama 3 tahun, tetapi setiap kunjungan dibatasi maksimal 15 hari.

 

2. Visa Kunjungan untuk paspor biasa

Nah kebetulan saya baru saja mengajukan Visa Kunjungan ke Jepang baru-baru ini.

Berikut daftar dokumen yang saya submit:

  • Paspor asli
  • Pasfoto 4.5 x 4.5 cm untuk ditempel di formulir permohonan visa
    Formulir permohonan visa. Formulir bisa download di http://www.id.emb-japan.go. jp/application2.pdf, tetapi kalau sudah diisi jangan lupa langsung di-print ya karena format pdf-nya tidak bisa di-save.
  • Fotokopi KTP (fotokopi saja, karena KTP asli ditukar dengan tanda Visitor saat memasuki bagian pengurusan Visa di Kedubes)
  • Bukti pemesanan tiket dan hotel (boleh dummy booking. Untuk flight bisa melalui Findmyfare.com, sedangkan untuk hotel bisa melalui Booking.com dan pilih yang free cancellation & pay at the hotel)
  • Itinerary perjalanan. Formatnya bisa download di http://www.id.emb-japan.go. jp/vish_itnr.doc.
  • Kartu Keluarga (karena saya apply berdua dengan Shandy. Kalau mengajukan sendiri tidak perlu Kartu Keluarga)
  • Mutasi rekening 3 bulan terakhir (saya hanya print dari internet banking saja untuk BCA, CIMB, dan Commonwealth)
Dokumen Pengajuan Visa Jepang

Kemudian ada beberapa dokumen tambahan yang saya submit karena saya apply untuk Multiple Visa (syaratnya harus sudah pernah mengunjungi Jepang dalam 3 tahun terakhir dan pernah mengunjungi negara G7 misalnya Prancis, Jerman, dll):

  1. Paspor lama yang ada Visa Jepang dan Visa Schengen sebelumnya (kalau Visa Jepang sebelumnya ada di paspor yang sekarang berlaku berarti tidak perlu bawa paspor lama)
  2. Surat Keterangan Bekerja dari kantor (minta ke bagian HR)
  3. Slip gaji 3 bulan terakhir (print sendiri dari ePaySlip yang dikirim tiap bulan dari kantor)
  4. Travel insurance untuk 6 hari perjalanan sesuai Itinerary (sebenarnya tidak ditulis di web Kedubes Jepang, tapi saya lampirkan saja karena kebetulan ada employee discount dari kantor hehehe)
  5. Surat permohonan multiple visa (format bebas. Kalau mau lihat contoh punya saya kurang lebih seperti ini: [attached])
  6. Lalu saat submit bilang ke petugas kalau mau request multiple visa. Nanti dibantu untuk menulis informasinya di salah satu dokumen yang di-submit kemudian tanda tangan)

Sebenarnya waktu submit untuk multiple visa ini agak gambling karena isi rekening saya hanya sekitar 20 juta saja, tetapi untungnya di Kedubes Jepang ini bayar biaya visa saat ambil. Jadi ya sudah, kalau dapat multiple visa berarti bayar Rp 740,000, tetapi kalau enggak ya dapat single visa saja bayar Rp 370,000 (harga per September 2017). Prosesnya sekitar 4 hari kerja, jadi saya submit hari Selasa dan sudah bisa diambil hari Jumat.

Alhamdulillah saya dapat multiple visa (multiple entry bisa digunakan berkali-kali selama 5 tahun dengan tiap kunjungan maksimal 30 hari), tetapi Shandy hanya dapat single visa (single entry 15 hari) karena baru pertama kali ke Jepang.

Visa Jepang Multiple Entry

 

Visa Jepang Single Entry

Summary pengajuan Visa Jepang:

 Visa WaiverVisa Kunjungan
(Single Entry)
Visa Kunjungan
(Multiple Entry)
Tipe EntryMultipleSingleMultiple
Masa Berlaku3 Tahun3 Bulan5 Tahun
Lama Tiap Kunjungan15 Hari15 Hari30 Hari
Dokumen yang Diperlukan1. E-paspor
2. Formulir
1. Paspor
2. Formulir + pasfoto 4.5×4.5cm
3. Fotokopi KTP
4. Tiket pesawat + hotel
5. Itinerary
6. Kartu Keluarga (opsional)
7. Mutasi rekening 3 bulan terakhir
Dokumen untuk Visa Kunjungan Single Entry ditambah:
1. Paspor lama (opsional)
2. Surat Keterangan Bekerja
3. Slip gaji 3 bulan terakhir
4. Travel insurance (opsional)
5. Surat permohonan multiple visa
BiayaGratisRp 370,000Rp 740,000

Note:

  • Pengajuan Visa Jepang berdasarkan alamat KTP, jadi kalau kamu tinggal di Jawa Tengah ya pengajuan ke Jakarta, dsb. Keterangan lengkap bisa cek di http://www.id.emb-japan.go.jp/conind.html.
  • Sejak 15 September 2017, pengajuan Visa Kunjungan Jepang di Jakarta baik Single maupun Multiple tidak bisa lagi langsung ke Kedubes Jepang, melainkan melalui JVAC (Japan Visa Application Center) di Lotte Shopping Avenue. Selain itu, biayanya juga ditambah dengan biaya administrasi Rp 150,000 baik untuk Single atau Multiple Visa. Keterangan lengkap ada di KLIK DI SINI.
  • Visa Waiver tetap bisa diajukan langsung di Kedubes Jepang dengan lokasi di Jl. M.H. Thamrin No. 24 Jakarta Pusat (dekat Plaza Indonesia) dan biayanya gratis. Tetapi kalau kamu mau mengajukan di JVAC juga bisa dengan biaya Rp 115,000.

BONUS Download:

6 Comments
  1. effi says

    halo mas, salam kenal.
    saya mau minta contoh surat permohonan untuk multiple visanya, apakah boleh dikirim via email?

  2. MTLN says

    permisi, mau nanya kl misalny gak ada visa kunjungan ke negara g7 lainnya tapi cuman punya visa kunjungan ke jepang (masih dalam kurung waktu 3 tahun) bisa mengajukan untuk visa multiple gak ya?

    1. Kiky
      Kiky says

      Tetap bisa, karena untuk pengajuan visa multiple sendiri ada beberapa tipe:
      A) Individual who has a travel record as temporary visitor to Japan in the last three years and who has the ability to pay the travel expenses
      B) Individual who has a travel record as temporary visitor to Japan and multiple travel records as temporary visitor to G7 countries (Canada, Germany, France, Italy, USA, UK) in the last three years
      C) Individual with sufficient financial capacity
      D) Spouse or children of the individuals who are mentioned A), B), or C) above

      Karena saya sudah pernah ke negara G7, maka saya mengajukan visa multiple dengan memenuhi syarat tipe B.
      Tetapi kalau belum pernah, setidaknya bisa mengajukan visa multiple dengan memenuhi syarat tipe A.
      Ini ada template dokumennya dari VFS: http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/pdf/Visit_%20Temporary_Multiple.pdf.

      Semoga membantu ya 🙂

  3. paulin says

    halo mbak, mau tanya dunk… kalo tiketnya itu ga perlu yang real ya? waktu mbak ngajuin, pake yang real atau dari findmyfare?

    thanks…

    1. Kiky
      Kiky says

      Biasanya saya beli tiket promo yang tanggal keberangkatannya masih jauh, jadi pas apply visa pake tiket beneran. Tapi dari pengalaman temen-temen lain yang pada apply visa (buat negara mana pun), pake tiket dummy pun tetep bisa kok.

Leave A Reply

Your email address will not be published.