Umroh Hemat ala Backpacker

0 457

Alhamdulillah setelah jalan-jalan ke Eropa beberapa kali, akhirnya kami dapet tiket promo untuk berangkat ibadah umroh ke Arab Saudi. Kali ini promonya gabungan dari Malaysia Airlines (yang dulu juga pernah ngasi harga promo PP Kuala Lumpur – Jeddah Rp 1,3 juta) dan tiket.com jadi dapet harga tiket PP Jakarta-Madinah cuma Rp 2 juta saja per orang.

Berhubung kita gabung ke rombongan temen-temennya Shandy yang bawa bayi dan orang tua, jadi kita memutuskan untuk pake jasa paket tour umroh dari Menara Wisata. Paket tour ini udah all-in termasuk visa, hotel bintang 3, transportasi darat selama di Arab, makan pagi/siang/malam, air zamzam 5L. Yang exclude dari paketnya hanya biometrik (pengambilan foto dan sidik jari di VFS Tasheel), suntik meningitis, tiket pesawat dan tip untuk driver serta guide. Harga dasar paketnya adalah $378 untuk 4 orang/kamar, tetapi kami pilih untuk upgrade private double room dengan tambahan biaya $100/orang.

 

Summary Pengeluaran Trip Umroh 10 Hari

Total biaya yang kita keluarin sekitar Rp 9,7 juta/orang. Total biaya ini udah all-in termasuk paket umroh, tiket pesawat, biometrik, suntik meningitis, tip, sampai ke paket data internet dan jajan di Albaik. Tapi tentu saja belum termasuk oleh-oleh karena ini sifatnya opsional dan berbeda-beda per orangnya.

 

Detail Perjalanan per Hari

1 Day 1: 4 Maret 2019

Day 1: 4 Maret 2019
Kumpulan koper rombongan #TravelMoreUmroh. Kalau koper saya dan Shandy sih yang ukurannya paling kecil hehehe.
  • Penerbangan Jakarta-Madinah naik Malaysia Airlines (transit di Kuala Lumpur)
  • Sampai di Bandara Madinah pukul 8 malam, lalu langsung menuju hotel di dekat Masjid Nabawi

2 Day 2: 5 Maret 2019

Day 2: 5 Maret 2019
Suasana di Restaurent & Dates Market, ada toko yang harganya serba SAR 2, SAR 5, sampai SAR 10 di sini
  • Mengunjungi Holy Qur’an Exhibition dan mengikuti tour yang dijalankan sesuai bahasa (ada kloter untuk penjelasan dalam Bahasa Indonesia)
  • Berbelanja di Central Dates Market (pasar khusus kurma dekat Pintu 5 Masjid Nabawi) dan Restaurent & Dates Market (pasar dekat Pintu 20 Masjid Nabawi)
  • Makan sore di restoran fast food Albaik. 1 paket berisi 4 potong fried chicken, french fries, dan roti burger seharga SAR 13 dan cukup untuk dimakan 2-3 orang

3 Day 3: 6 Maret 2019

Day 3: 6 Maret 2019
Makan makaaaan! Ini beberapa dari berbagai street food yang ada di Chefs Market
  • Madinah City Tour, dengan beberapa tujuan yang dikunjungi antara lain Masjid Quba, Makam Shuhada Uhud, dll.
  • Malamnya mengunjungi Masjid Bilal Shopping Center dan street food Chefs Market

4 Day 4: 7 Maret 2019

Day 4: 7 Maret 2019
Suasana saat tawaf di malam hari
  • Setelah makan siang, naik bus menuju Makkah dengan berhenti miqat di Bir Ali
  • Sampai di Makkah sebelum maghrib, check-in hotel untuk beristirahat sebentar dan makan malam lalu melaksanakan proses ibadah umroh bada’ isya

5 Day 5: 8 Maret 2019

Day 5: 8 Maret 2019
Nganterin temen yang (terpaksa) nyobain pengobatan gratis di King Abdul Aziz Hospital
  • Free time dan ibadah sholat Jumat
  • Nganterin temen yang lagi kurang sehat ke King Abdul Aziz Hospital. Periksa ke dokter, cek X-Ray, cairan infus, dan obatnya gratis semua, kayaknya karena kita pakai visa umroh jadi udah include medical insurance (?). Dokter dan susternya pada bisa bahasa Inggris, tapi bagian farmasinya cuma bisa bahasa Arab jadi kita dibantu guide untuk komunikasinya.

6 Day 6: 9 Maret 2019

Day 6: 9 Maret 2019
Karena kita nggak jadi ke Al Kakiyah, ini kita kasi foto terminal bus di dekat Masjidil Haram yang isinya free shuttle buat ke berbagai hotel di sekitar Makkah aja yaa
  • Free time (rekomendasi: street food di Al Kakiyah)

7 Day 7: 10 Maret 2019

Day 7: 10 Maret 2019
Gua Tsur yang dulu pernah jadi tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan dari Makkah ke Madinah. Guanya ada di balik bukit dan kalau mau ke sana harus berangkat dari subuh karena jalannya cukup jauh dan mendaki.
  • Makkah City Tour, dengan beberapa tujuan yang dikunjungi antara lain Gua Tsur, Jabal Rahma, Gua Hira, dll. Jika waktunya cukup dapat mengunjungi Hudaibiyah Camel Farm juga
  • Jika ingin melaksanakan ibadah umroh lagi, bisa mengambil miqat di Tan’im

8 Day 8: 11 Maret 2019

Day 8: 11 Maret 2019
Suasana pertokoan di lantai bawah ZamZam Clock Tower
  • Free time (rekomendasi: jalan-jalan dan belanja di ZamZam Clock Tower)

9 Day 9: 12 Maret 2019

Day 9: 12 Maret 2019
Persiapan pulang ke Indonesia. Alhamdulillah bawaan kita berdua memang nggak pernah lebih dari 1 koper + 1 ransel buat kemana-kemana.
  • Melaksanakan Thawaf Wada’ (perpisahan sebelum meninggalkan kota Makkah)
  • Sekitar jam 11 pagi naik bus dari Makkah menuju Bandara Madinah, berhenti di jalan untuk sholat zuhur dan makan siang, kemudian tiba di Madinah sekitar pukul 5 sore
  • Sampai di bandara, guide-nya bantu untuk belikan air zamzam kemasan sebanyak 5 liter/orang dan ini dibagasikan tetapi di luar jatah bagasi dari maskapai
  • Penerbangan Madinah-Kuala Lumpur naik Malaysia Airlines

10 Day 10: 13 Maret 2019

Day 10: 13 Maret 2019
Selesai sudah perjalanan Menara Wisata x #TravelMoreUmroh kita. Sampai jumpa di trip berikutnya!
  • Penerbangan Kuala Lumpur-Jakarta naik Malaysia Airlines
  • Tiba di Jakarta sekitar pukul 3 sore

 

Untuk budgeting dan itinerary Umroh 10 hari lengkapnya sudah kita bikin dalam bentuk file Excel, jadi temen-temen bisa akses dan download langsung ya.

Download Budgeting dan Itinerary #TravelMoreUmroh

Leave A Reply

Your email address will not be published.