Nasi Balap Puyung

0

Merasakan lapar di tengah wisata keindahan pulau lombok? Tenang, bagi kamu yang wajib banget makan nasi untuk menghilangkan kelaparan, ada Nasi Balap Puyung Lombok yang siap menemani santap sarapan atau siang kamu.

Nasi balap puyung ini sangat terkenal sebagai kuliner khas lombok. Cita rasa nya yang khas dengan rasanya yang pedas pasti menambah nafsu makan kamu di tengah balada kelaparan di pulau lombok. Nasi balap puyung terdiri dari dari Nasi Putih, Ayam Pelecingan, Ayam Kering dan Kacang Kedele, serta sambal ayam pedas yang khas. Tidak suka pedas? Tenang, kacang kedele di nasi balap puyung ini berguna untuk mengurangi tingkat kepedasanan makannya.

Sejarah Nasi Balap Puyung

Penasaran kenapa namanya Nasi Balap Puyung?

Dahulu kala di tahun 1970-an, ada seorang Ibu bernama Inaq Esun yang menjual makanan ini di Pasar Kebon Roek (Mataram) dengan sistem yang unik, yakni sistem barter. Jadi, para pembeli nasi Inaq Esun membayar dengan barang kebutuhan lainnya.

Berlanjut di tahun 90-an, akhirnya Nasi ini diberi nama Nasi Balap Puyung. Kenapa? Karena salah satu cucu Inaq Esun, seorang pembalap lokal, seringkali memenangi perlombaan balapan. Nah, setiap cucu nya Inaq Esun ini menang balap, dia selalu mentraktir teman-temannya makan di warung milik neneknya ini. Dari sinilah nama Nasi Balap Puyung“ lahir.

Sejak saat ini, mulai lah dikenal Nasi Balap Puyung Cap Inaq Esun. 

Lokasi Nasi Balap Puyung

http://farm9.staticflickr.com/8141/7669195752_8aea970bef.jpg

Saat ini, sudah mulai banyak tempat-tempat makan yang menawarkan Nasi Balap Puyung. Unuk tempat makan asli nya tetap terletak di Desa Puyung, Dusun Lingkung Daye, Jonggat, Lombok Tengah. Nah, berikut ini beberapa alamat tempat makan cabang Nasi Balap Puyung:

  1. Jl. Sriwijaya No. 80, Mataram
  2. Komplek Ruko Senggigi Plaza, Senggigi, Kab. Lombok Barat
  3.  Komplek pertokoan sebelah timur Masjid Agung Kota Praya.
  4.  Fajar Cafe, Kauman, Praya
  5.  Pertigaan Bendungan Batujai, Gelondong, Praya
  6.  Tanah Awu, keluar dari Gerbang utama Bandara Internasional Lombok

Tertarik untuk balapan dengan nasi? Eh, makan nasi balap puyung maksudnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.