Tips Liburan Murah & Hemat ke Maldives

0

Kalau ada yang nyebut liburan ke Maldives, apa sih yang terbayang di pikiran kamu? Honeymoon, pantai pasir putih, air jernih, overwater villa, resort mewah, dan mahal!

Dulu liburan ke Maldives memang mahal karena penginapan untuk turis hanya ada di resort, yang mana harga menginap di resort mahal banget karena tiap resort memiliki satu pulau sendiri. Tapi belakangan dengan semakin populernya backpacker dan traveling on budget, mulai banyak penginapan dengan harga terjangkau yang berada di pulau penduduk. Salah satu base utama untuk backpacker biasanya adalah di Pulau Maafushi.

Pengen foto-foto di overwater villa tapi budget kamu terbatas? Kamu bisa nyobain resort day trip dari Male City atau pun Pulau Maafushi. Beberapa resort di Maldives berbaik hati membolehkan kita main di resort-nya seharian dari pagi sampai sore termasuk menikmati berbagai fasilitas yang ada di resort (tentu saja kecuali kamarnya). Selain itu kita juga dapet makan siang dan snack model buffet yang bebas diambil sebanyak-banyaknya, serta unlimited drinks yang bisa dinikmati kapan saja selama berada di resort. Kualitas makanannya tentu sesuai standar bintang 5, dan staff pun ramah-ramah biarpun kita nggak nginap di resort itu.

 

Ini beberapa tips dari TravelMore untuk liburan hemat ke Maldives:

1 Cukup bawa mata uang USD

Cukup bawa mata uang USD
Contoh uang kertas MVR. Sumber: Wikipedia

Tidak perlu bingung mencari MVR (mata uang lokal Maldivian Rufiyaa) karena hampir semua transaksi bisa dilakukan dengan USD. Kalau kamu tetap mau menukar ke MVR, kamu bisa melakukannya di money changer area bandara. Untuk perhitungan mata uang di artikel ini, kita asumsikan 1 MVR = Rp 1.000 dan 1 USD = Rp 15.000 ya.

2 Menginap di Pulau Maafushi

Menginap di Pulau Maafushi
Salah satu pulau paling populer buat backpacker adalah Maafushi

Lokasi Maafushi yang tidak terlalu jauh dari bandara utama Velana International Airport, memiliki cukup banyak pilihan transportasi termasuk public ferry yang murah, dan banyak pilihan penginapan membuatnya sangat populer di kalangan backpacker. Aktivitas seperti snorkeling, water sports, dan resort day trip pun banyak ditawarkan oleh vendor yang ada di pulau penduduk ini.

3 Gunakan transportasi umum

Gunakan transportasi umum
Jadwal ferry Male City – Maafushi (tahun 2017). Sumber: Guesthouses in Maldives

Sama seperti destinasi liburan lainnya, penggunaan transportasi umum bisa membuat kita berhemat banyak. Misalnya:

  • Bus dari Bandara Velana ke Hulhumale hanya sekitar MVR 10/orang, sedangkan kalau minta pihak hotel untuk menjemput biayanya kurang lebih USD 7.5/kamar.
  • Public ferry dari Bandara Velana ke Male City hanya MVR 10 dan dari Male City ke Maafushi hanya MVR 20. Jadi total biaya untuk naik public ferry dari Bandara Velana ke Maafushi hanya MVR 30. Sedangkan kalau kamu mau naik speedboat langsung dari Bandara Velana ke Maafushi, harganya sekitar USD 20/orang.

4 Pilih penginapan dengan harga bersahabat

Pilih penginapan dengan harga bersahabat
Beberapa contoh penginapan murah di Maafushi berdasarkan pencarian di website Agoda

Nggak harus menginap di resort kok untuk menikmati berbagai fasilitas yang ada di resort. Jadi saran saya, untuk penginapan cari yang harganya paling terjangkau. Toh hanya untuk mandi dan istirahat, sementara aktivitas lain banyak dilakukan di luar penginapan. Harga penginapan di Maafushi paling murah yang pernah saya temukan adalah sekitar Rp 400 ribuan/kamar/malam sudah termasuk sarapan.

5 Cari penerbangan yang tiba di Maldives pagi/siang hari

Cari penerbangan yang tiba di Maldives pagi/siang hari
Siapa tau bisa liat pemandangan gini dari atas pesawat kan. Sumber: TripAdvisor

Selain biar bisa lihat kepulauan Maldives dari atas pesawat sebelum mendarat, kamu juga bisa langsung menyeberang ke Maafushi kalau tiba di pagi atau siang hari. Kalau memang dapat pesawat yang mendarat di malam hari, kita sarankan cari penginapan di sekitar bandara dulu (biasanya di area Hulhumale) karena opsi menyeberang ke Maafushi di malam hari sangat terbatas.

6 Bawa bekal makanan kering

Bawa bekal makanan kering
Misalnya bawa mie instan kayak gini jadi tinggal cari air panas buat nyeduh

Harga makanan di Pulau Maafushi lumayan mahal dan belum tentu cocok dengan lidah kita. Kalau mau sekalian makan banyak, bisa ambil paket buffet dinner yang ditawarkan oleh banyak hotel dengan harga start from USD 10. Sebagai info tambahan, kalau ambil paket snorkeling atau resort day trip biasanya sudah termasuk makan siang jadi kamu hanya perlu bawa bekal makanan kering untuk makan malam saja.

7 Cari best price untuk aktivitas yang kamu inginkan

Cari best price untuk aktivitas yang kamu inginkan
Contoh macam-macam paket resort day trip yang ditawarkan iCom Tours

Kamu bisa coba bandingkan harga paket melalui internet terlebih dahulu sebagai referensi. Selain berdasarkan informasi dari internet, kita juga keliling ke beberapa hotel dan penyedia paket tour di Pulau Maafushi untuk cari best price paket snorkeling dan resort day trip sebelum akhirnya booking paket yang diinginkan. Selain snorkeling dan resort day trip, sebenarnya masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan di Maldives, misalnya memancing, diving, water sports, dll. Waktu kita ke Maldives di Januari 2017, harga snorkeling paling murah di Kaani Beach Hotel dan harga resort day trip paling murah di iCom Tours.

8 Wajib coba resort day trip!

Wajib coba resort day trip!
Ternyata nggak perlu keluar duit puluhan juta buat menikmati sunset di resort Maldives lho

Karena liburan ke Maldives tanpa foto-foto di overwater villa itu bagaikan pergi ke Paris tanpa mengunjungi Menara Eiffel. Harga paket day trip resort biasanya sekitar USD 100/orang udah all-in termasuk transportasi PP dari Maafushi ke resort, tiket masuk resort, makan & minum, dll. Kita sempat nyobain 2 resort: Adaaran Prestige Vadoo dan Adaaran Club Rannalhi, dan menurut kita di antara 2 pilihan itu lebih worth it Adaaran Prestige Vadoo.

9 Makan dan minum sepuasnya di resort

Makan dan minum sepuasnya di resort
Nyampe resort langsung disuguhi welcome drink berisi jus buah segerrr

Nggak perlu takut harga makanan yang mahal di resort sampai kamu terpaksa menahan lapar. Kalau kamu ambil resort day trip, paket ini sudah termasuk welcome drink, makan siang dan snack sore buffet yang bisa diambil sepuasnya, serta unlimited drinks yang bisa dinikmati selama berada di resort. Pilihan minumannya pun bermacam-macam mulai dari teh, kopi, jus buah, soft drink, sampai minuman beralkohol yang bebas diambil kapan saja.

10 Manfaatkan Wi-Fi gratis

Manfaatkan Wi-Fi gratis
Nggak perlu pusing liat tarif roaming kayak gini karena gampang cari Wi-Fi gratis di Maldives

Sebelum berangkat ke Maldives, saya sempat cari paket internet roaming yang murah tapi tidak ketemu. Masa untuk paket data 10 MB saja harganya lebih dari Rp 500.000/hari. Lalu cari-cari informasi untuk beli SIM card lokal tapi ternyata juga cukup repot. Syukurlah di hotel dan hampir seluruh area resort ada Wi-Fi gratis dengan kecepatan yang lumayan. Jadi masih bisa akses kerjaan socmed sambil santai-santai di pantai deh.

11 Bawa perlengkapan snorkeling sendiri

Bawa perlengkapan snorkeling sendiri
Kapan lagi bisa snorkeling sepuasnya dengan background overwater villa-nya Maldives

Saran terakhir dari kita, terutama untuk kalian yang doyan snorkeling dan ambil paket resort day trip, cari resort yang bisa buat snorkeling juga biar bisa nyebur seharian sampai puas. Dengan bawa perlengkapan snorkeling sendiri, atau paling enggak kacamata renang, kita bisa nyebur kapan saja dan di mana saja selama di resort (kecuali di area yang dilarang ya, misalnya di daerah yang banyak stingray). Kita memang bawa perlengkapan snorkeling sendiri, jadi kurang tahu apakah resort menyediakan rental peralatan snorkeling atau tidak. Tapi kalau pun ada, harap maklum kalau harganya pun sesuai standar resort.

 

Yak, sekian tips liburan mewah tapi murah dan hemat ke Maldives ala TravelMore. Jadi liburan ke Maldives nggak semahal yang dibayangkan sebelumnya kan 😄

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.