Weekend Hemat ke Macau & Hong Kong Modal 2 Juta

0

Waktu lagi nyantai di suatu weekend di pertengahan bulan September, tiba-tiba dapet informasi kalau ada tiket ajaib PP Jakarta-Macau seharga kurang dari Rp 450 ribu/orang. Cari-cari tanggal yang pas, akhirnya nemu lah untuk penerbangan di pertengahan Oktober, yang mana biarpun cuti tahun 2017 saya udah mepet mau habis tapi untungnya masih ada jatah birthday leave di bulan Oktober hehehe.

Tadinya kita sempat galau mau sekalian ke Hong Kong atau enggak. Tapi karena setelah muter-muter seharian di Macau terus bingung mau ke mana lagi, kita memutuskan untuk sekalian ke Hong Kong aja buat nyobain makan dim sum halal hehehe.

Durasi trip kali ini totalnya 3 hari, yaitu berangkat dari Jakarta tanggal 20 dan pulang tanggal 22 Oktober 2017.

 

Summary Budgeting Macau & Hong Kong 3 Hari

Total biaya yang kita keluarin per orang sekitar Rp 2 jutaan. Total biaya ini udah semuanya termasuk tiket pesawat, hotel di Macau, tiket ferry PP Macau-Hong Kong, transportasi umum, dan paket data roaming.

Kenapa bisa hemat banget? Selain karena tiket pesawat yang harganya ajaib tadi, selama di Macau kita cuma ada pengeluaran hotel sama makan aja. Transportasi kemana-mana gratis dengan memanfaatkan shuttle bus yang disediakan berbagai hotel/casino. Wifi gratis juga tersebar di banyak tempat di Macau, bahkan di shuttle bus juga sering disediakan wifi gratis. Lalu karena penerbangan pulang dari Macau ke Jakarta kita di pagi hari, maka malam sebelumnya kita memutuskan untuk nginap di Macau Airport saja. Tolong jangan ditiru karena ternyata Macau bandaranya kecil, AC-nya dingin, dan enggak ada spot tidur yang enak karena cuma ada kursi-kursi dengan sandaran tangan.

 

Detail Perjalanan per Hari

1 Day 1: 20 October 2018

Day 1: 20 October 2018
Venice ala Macau. Wajib nyobain egg tart-nya Lord Stow’s yang super enak di sini!
  • Penerbangan Jakarta-Macau dengan AirAsia (direct flight).
  • Tempat yang dikunjungi:
    • The Venetian (liat Venice versi indoor, makan egg tart di Lord Stow’s Bakery and Cafe yang enak banget, dan window shopping)
    • The Parisian (window shopping dan liat menara Eiffel versi mini kelap-kelip di sore hari)
    • Senado Square (jalan-jalan di sekitar Square ini sampai ke Ruins of St. Paul’s, dan beli egg tart di Margaret’s Cafe e Nata yang lokasinya enggak jauh dari sini)
  • Transportasi: shuttle bus gratis dari The Venetian, The Parisian, dan Sofitel Ponte 16.

2 Day 2: 21 October 2018

Day 2: 21 October 2018
Pemandangan dari The Peak memang worth it, biarpun harus ngantri 2 jam buat naik tram-nya. Ditambah pesan sponsor untuk jangan lupa berhemat biar bisa sering jalan-jalan.
  • Naik Turbojet ferry dari Macau (Outer Ferry Terminal) ke Hong Kong Sheung Wan.
  • Tempat yang dikunjungi:
    • Islamic Center di Wan Chai (makan dim sum halal di kantinnya. Recommended!)
    • The Peak (naik tram dan menikmati Hong Kong skyline dari ketinggian)
    • Tsim Sha Tsui (jalan-jalan di sekitar sini kemudian nonton Symphony of Lights jam 8 malam)
  • Transportasi: naik bus, tram, dan kereta dengan Octopus card (semacam e-money).
  • Naik Cotai Water Jet ferry dari Hong Kong Sheung Wan ke Macau Taipa yang jadwal malam dan sampai di Macau Taipa sekitar jam 12 malam. Kemudian dari Macau Taipa ferry terminal cukup jalan kaki ke Macau Airport.

3 Day 3: 22 October 2018

  • Penerbangan pulang ke Jakarta dengan AirAsia (direct flight).

 

Untuk budgeting dan itinerary lengkapnya sudah saya bikin dalam bentuk Google Spreadsheet, jadi temen-temen bisa akses dan download langsung ya.

Download Budgeting dan Itinerary #TravelMoreMacauHK 2017

Leave A Reply

Your email address will not be published.