Beli Tiket Pesawat / Hotel tanpa Kartu Kredit? Bisa!

2

Buat kamu yang sering berburu tiket promo, apalagi pas mau beli tiket murah AirAsia dengan kota keberangkatan bukan dari Indonesia, mungkin sering bingung gimana mau bayar tiketnya padahal enggak punya kartu kredit. Tenang, karena ternyata banyak cara lain untuk bayar tiket-tiket ini tanpa perlu kartu kredit.

 

1 Mandiri Debit Online

<strong>Mandiri Debit Online</strong>

Buat kamu yang punya tabungan di Bank Mandiri pasti punya kartu debit yang biasanya buat tarik tunai di ATM. Nah, kalian tinggal minta aktivasi ke Customer Service agar kartu debit kalian bisa digunakan untuk transaksi online. Kalau sudah diaktivasi, kalian tinggal mengisikan informasi pembayaran (nomor kartu, nama pemegang kartu, expired date, dan CVV (3 angka yang biasanya dituliskan di bagian belakang kartu)) menggunakan data yang ada di kartu debit kalian saja.

Kemudian biasanya akan ada OTP yang dikirimkan ke nomor hape yang terdaftar di Bank Mandiri. Transaksi online dengan kartu debit Mandiri ini biasanya terdeteksi sebagai transaksi yang menggunakan jenis kartu Visa.

Informasi lengkap: http://bankmandiri.co.id/article/mandiri_debitonline.html

 

2 Permata Debit Online

<strong>Permata Debit Online</strong>

Permata Debit Online ini kurang lebih sama dengan Mandiri Debit Online, hanya beda bank penyedia layanannya saja. Sedikit perbedaan dengan Mandiri adalah kalian tidak perlu aktivasi ke Customer Service terlebih dahulu. Sedangkan persamaan dengan Mandiri adalah informasi pembayaran (nomor kartu, nama pemegang kartu, expired date, dan CVV) bisa diisikan sesuai dengan data yang ada di kartu debit kalian saja.

Untuk verifikasi pembayaran akan ada OTP yang dikirimkan ke nomor hape yang terdaftar di Bank Permata. Jenis kartu yang digunakan oleh Bank Permata ini adalah Visa.

Informasi lengkap: https://www.permatabank.com/Retail/Kartu-Debit/PermataDebit-Online/#.WlM-09J96Uk 

 

3 BNI Debit Online

<strong>BNI Debit Online</strong>

Mirip dengan Mandiri, kalian harus aktivasi ke Customer Service BNI terlebih dahulu untuk bisa menggunakan fitur ini. Bedanya, setelah aktivasi kalian perlu mengirimkan SMS ke 3346 yang isinya “REQ VCN (nominal)”. Kemudian akan ada SMS balasan berupa VCN (Virtual Card Number), yaitu data nomor kartu kredit yang bisa digunakan sementara, expired date, dan CVV. Sedangkan nama pemegang kartu disesuaikan dengan nama yang terdaftar di Bank BNI. Limit yang bisa digunakan sesuai dengan nominal yang didaftarkan melalui SMS, jadi pastikan nominalnya tidak lebih kecil dari pembayaran yang harus dilakukan ya.

Perbedaan lainnya dengan Mandiri, biasanya tidak ada OTP yang dikirimkan sebelum transaksi, jadi ada kemungkinan VCN ini tidak bisa digunakan di merchant yang mewajibkan verifikasi OTP. Selain itu, VCN yang diberikan oleh BNI biasanya terdeteksi sebagai transaksi yang menggunakan jenis kartu MasterCard.

Informasi lengkap: http://www.bni.co.id/id-id/ebanking/bnidebitonline

 

4 CIMB Niaga OctoPay

<strong>CIMB Niaga OctoPay</strong>

Mirip dengan BNI, kalian harus mengajukan request pembuatan VCN (Virtual Card Number) setiap kali akan menggunakan kartu kredit sementara ini. Bedanya, pengajuan request VCN dilakukan lewat CIMB Clicks (internet banking CIMB) jadi jangan lupa untuk aktivasi internet banking terlebih dulu melalui Customer Service CIMB Niaga. Setelah aktivasi, kalian tinggal login CIMB Clicks, kemudian pilih menu “Prepaid Reloads” lalu pada Purchase Type pilih “Virtual Card Number”. Seperti BNI, kalian juga harus menuliskan nominal yang akan diisikan ke VCN ini, jadi pastikan nominalnya tidak lebih kecil daripada pembayaran yang harus dilakukan ya.

Untuk verifikasi transaksinya sama dengan Mandiri, di mana kalian akan menerima OTP di nomor hape yang didaftarkan ke CIMB Niaga. Tetapi jenis kartu kredit virtual yang didapatkan sama seperti BNI, yaitu kartu jenis MasterCard.

 

5 BTPN Jenius

<strong>BTPN Jenius</strong>

BTPN adalah salah satu bank pertama yang merilis aplikasi digital banking yang fiturnya cukup lengkap dengan Jenius. Melalui aplikasi Jenius ini, nasabah tidak harus datang ke bank untuk membuka rekening, tetapi cukup mendaftar lewat aplikasi saja. Kelebihan Jenius adalah setelah rekening aktif, nasabah langsung mendapatkan 1 kartu fisik (m-Card) dan 1 kartu virtual (e-Card) yang bisa digunakan untuk transaksi online. Di luar dari itu, kalian bisa request sampai 3 kartu tambahan (x-Card) yang semuanya juga langsung bisa digunakan untuk transaksi online.

Untuk verifikasi transaksi ada OTP yang akan dikirimkan ke nomor hape yang dimasukkan pada saat pendaftaran Jenius. Jenis kartu dari Jenius, baik yang visik maupun virtual, adalah Visa.

Informasi lengkap: https://www.jenius.com/

 

6 DBS Digibank

<strong>DBS Digibank</strong>

Konsep Digibank ini mirip dengan Jenius, yang mana untuk membuka rekening kamu cukup mendaftar melalui aplikasi saja. Bedanya adalah kamu hanya mendapatkan 1 kartu fisik saja (tidak ada kartu virtual maupun kartu tambahan). Setelah rekening aktif, kartu ini bisa langsung digunakan untuk transaksi online.

Untuk verifikasi transaksi ada OTP yang akan dikirimkan ke nomor hape yang dimasukkan pada saat pendaftaran Digibank. Jenis kartu yang didapatkan sama dengan Jenius, yaitu Visa.

Informasi lengkap: https://www.dbs.com/digibank/id/id/index.html

 

7 Hayo mau pilih yang mana?

Kekurangan (atau kelebihan?) utama dari semua alternatif di atas adalah pembeliannya tidak bisa kredit, jadi begitu pembayaran terkonfirmasi maka saldo tabungan kalian otomatis akan berkurang.

Jadi, tidak perlu bingung lagi untuk beli tiket atau promo yang mengharuskan penggunaan kartu kredit kan?

Kalau ada informasi tambahan untuk alternatif kartu kredit lainnya bisa langsung komentar di bawah ya 🙂

 

2 Comments
  1. Putry says

    Kalo mata uang asing bisa tetep pake kartu bank indonesia kah?

    1. Rizqy Puspitasari
      Rizqy Puspitasari says

      Iya tetep bisa, nanti otomatis dikonversi sama Bank-nya ke Rupiah

Leave A Reply

Your email address will not be published.